FORMASI LENGKAP 3 – 5 – 2

3 -5 – 2

FORMASI 3 – 5 – 2

1. 3 – 5 – 2 (Ovvensife Total)

Yang dimaksud dengan sejajar disini adalah pemain yang diatur hanya untuk penyerangan secara frontal dan tidak terlalu mengandalkan pertahanan dengan  tidak adanya gelandang bertahan atau pemain yang dapat membantu pertahanan. Perhitungan disini adalah kewajiban untuk menang biasanya di pakai oleh tim yang ingin memenangkan pertandingan dari awal atau kemenangan dengan jumlah gol yang banyak.

Untuk lebih jelasnya akan saya uraikan satu persatu

  1. A.3 disini adalah Bek pull tanpa adanya libero yang mengatur dari segi penjebakan untuk lawan, dan     resiko untuk kemasukan juga besar,biasanya pemain diposisi ini sangat kuat secara mental dan biasanya pemain disini tanpa kenal kompromi.

B. 5 adalah murni gelandang serang dengan posisi pemain sayap disini murni hanya untuk membantu serangan tanpa memikirkan pertahanan

C. 2 adalah penyerang murni tanpa harus susah turun untuk menjemput bola, biasanya penyerang disini sangat dimanja oleh pemain pemain tengah.

PENYERANG MURNI

SAYAP SERANG

GELANDANG SERANG

SAYAP SERANG

FULL BEK

3 – 5 – 2 (Ovvensife Total)

2. 3 – 5 – 2 (Formasi Standar Ovvensife)

Yang dimaksud dengan standar ovensife adalah pemain yang diatur dan mempunyai tugas masing masing yang jelas, disini juga lebih mengutamakan penyerangan namun masih dapat diandalkan pertahanannya disebabkan dengan adanya Libero dan gelandang bertahan juga setiap sayap disebut juga bek sayap karena diharapkan dapat membantu pertahanan walaupun tidak 100% membantu pertahanan.

Untuk lebih jelasnya akan saya uraikan satu persatu

A.3 disini adalah Bek pull hanya 2(dua) orang yang bertugas menempel ketat lawan satu persatu terutama penyerang lawan dengan Libero yang mengatur dari segi penjebakan untuk lawan, biasanya pemain diposisi Libero ini sangat kuat secara mental dan biasanya pemain disini sangat pintar dalam membaca permainan lawan.

B. 5 adalah dengan gelandang serang 2(dua) orang yang tugasnya lebih utama membantu penyerangan dan dengan posisi gelandang bertahan 1(satu) orang yang selalu meyuplai bola ke depan bila sedang menyerang dan juga tugasnya mematahkan serangan lawan,pemain ini wajib tanpa kenal kompromi dan juga pintar mengatur permainan, sayap disini wajib untuk membantu serangan,diperbolehkan hanya sesekali membantu pertahanan.

C. 2 adalah penyerang murni tanpa harus susah turun untuk menjemput bola,

STOPER

STOPER

GELANDANG BERTAHAN

PENYERANG MURNI

GELANDANG SERANG

SAYAP

SAYAP

LIBERO

3 – 5 – 2 (Formasi Standar Ovvensife)

3. 3 – 5 – 2 (Formasi Standar Ovvensife & Deffensife)

standar ovensife & Deffensife adalah Formasi yang lebih mengutamakan keseimbangan baik dalm menyerang dan juga bertahan. diharuskan memiliki Libero dan gelandang bertahan dan juga pemain yang bisa menyeimbangkan serangan dan juga pertahanan karena pemain ini memang yang paling dibutuhkan dalam formasi ini.juga harus ada seorang playmaker yang handal, sayap disebut juga bek sayap karena diharapkan dapat membantu serangan dan pertahanan dengan terbagi seimbang diantara kedua sayapnya.

A.3 disini adalah Bek pull hanya 2(dua) orang yang bertugas menempel ketat lawan satu persatu terutama penyerang lawan dengan Libero yang mengatur dari segi penjebakan untuk lawan, biasanya pemain diposisi Libero ini sangat kuat secara mental dan biasanya pemain disini sangat pintar dalam membaca permainan lawan.

B. 5 adalah dengan gelandang serang 1(satu) orang yang tugasnya lebih utama membantu penyerangan dengan posisi dapat menjemput bola dan dibantu oleh seorang gelandang yang bertipe Ovvensife & Deffensife yaitu pemain yang dapat menyeimbangkan tim juga diperlukan seorang gelandang bertahan 1(satu) orang yang selalu meyuplai bola ke depan bila sedang menyerang dan juga tugasnya mematahkan serangan lawan, disebut bek sayap karena disaat bek sayap yang satu naik ikut menyerang bak sayap satu membantu pertahanan yaitu dengan posisi dalam bertahan yaitu lebih masuk kedaerah tengah untuk membantu gelandang bertahan dan juga memudahkan bila penyrangan dirubah kedaerah lain, disini wajib dalam menyerang dan bertahan seimbang yaitu 50%.

C. 1(satu) dengan penyerang murni tanpa harus susah turun untuk menjemput bola, penyerang pembantu dalah penyerang yang diwajibkan untuk membantu menjemput bola agar mempermudah duetnya dalam mencetak gol,biasanya penyerang pembantu disini dibebaskan dalam penempatan posisi

GELANDANG SERANG

BEK SAYAP

GELANDANG O & D

PENYERANG MURNI

BEK SAYAP

LIBERO

STOPER

STOPER

PENYERANG PEMBANTU

GELANDANG BERTAHAN

3 – 5 – 2 (Formasi Standar Ovvensife & Deffensive)

4. 3 – 5 – 2 (Formasi Standar Deffensife)

Standar deffensif adalah formasi yang lebih mengutamakan pertahanan dibandingkan penyerangan, biasanya bila menyerang hanya mengandalkan 4 – 5 pemain saja, butuh 2(dua) gelandang bertahan serta 1(satu) stooper dan pertahanan ini sangat mengandalkan kolektivitas dalam bertahan.Biasanya kemengan hanya cukup dengan 1 Gol dengan mengutamakan serangan balik.

A. 3 disini adalah Bek pull hanya 2(dua) orang yang bertugas menempel ketat lawan satu persatu terutama penyerang lawan dengan Libero yang mengatur dari segi penjebakan untuk lawan, biasanya pemain diposisi Libero ini sangat kuat secara mental dan biasanya pemain disini sangat pintar dalam membaca permainan lawan. Tapi disini mereka tidak perlu bersusah payah bertahan karena tiap pemain di formasi ini ditugaskan untuk dapat membantu dalam bertahan.

B. 5 adalah gelandang serang yang lebih jauh kedalam menjemput bola,pemain ini biasanya mempunyai intelegensi yang tinggi dalam mengandalkan serangan balik, untuk gelandang bertahan ada 2 (dua) pemain yang sangat diandalkan dalam bertahan atau mematahkan serangan,  juga diandalkan dalam serangan balik, pemain sayap disini yang paling diandalakan dalam bertahan dan menyerang, biasanya dalam penyerangan mendapatkan bola bola crossing yang tajam menusuk kedalam dan diberikan pada playmaker ataupun langsung ke penyerang.

C. 2 adalah penyerang murni yang diwajibkan lebih menjemput bola kedaerah sendiri  yang satunya adalah pemain yang diwajibkan merebut bola sampai kepertahanan sendiri.

PENYERANG MURNI

PENYERANG KEDUA

PLAYMAKER

BEK SAYAP

BEK SAYAP

GELANDANG BERTAHAN

LIBERO

STOPER

STOPER

3 – 5 – 2 (Formasi Standar Deffensife)

Bila Lebih ingin lebih dalam untuk bertukar fikiran kirim saja E-mail Ke Semedun_oke@yahoo.co.id

An. Mardi Permana

Terima Kasih

Wassalam

Pemilik/Pelatih BARABA F.C Di Bandar Lampung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: